Penukaran Mata Uang Bitcoin, Di Retas Hacker



Asalamualikum, apa kabar sobat? Semoga sehat dan di beri lindungan oleh allah swt.
Kali ini saya akan meberikan berita dari salah satu penukaran mata uang digital ( bitcoin  ) yaitu youbit. Ada apa dengan youbit?
Penukaran bitcoin ini bangkrut setelah di retas oleh kelompok hacker. Alhasil di tutup tempat penukaran uang digital ini. Sebelumnya telah terjadi peretasan pada penukaran uang ini dan peretas pun membawa asset hamper seperlima dari para pengguna pada awal pekan ini.

Ujar CNN Money, kamis (21/12/2017) “ ini kejadian yang ke dua kalinnya youbit di retas. Youbit penukaran uang digital tersebut yaitu melayani jual beli pada mata uang digital seperti bitcoin, namun juga ada beberapa mata uang lainnya yang di jual di youbit ini”.

Pada april 2017, peretas berhasil membawa mata uang digital yang ada di youbit ini senilai  35juta USD, atau sekitar 472,5M jika di rupiahkan.

Lembaga Internet Dan Keamanan Korea Selatan berkerja sama dengan pihak kepolisian ( cyber police ) untuk menginvestigasi para peretas yang di alami youbit.

“ pengguna yang terdampak dapat memperoleh sekirannya 75% nilai mata uang mereka yang di ambil oleh para peretas di akun milik para pengguna, dan sisannya akan di kembalikan setelah ada keputusan pailit terbit” ujar youbit.

Peretasan yang terjadi pada youbit sebenarnnya bukan pertama kali terjadi, pertas tersebut sebelumnnya telah mencuri bitcoin dengan  nilai lebih dari 750 juta dollar AS. Pada platform jual beli bitcoin yaitu nicehash yang belum lama ini terjadi.
Tahun lalu pun pada tahun 2016, tempat penukaran bitcoin yang liannya seperti bitfinex menutup oprasinnya setelah peretas mencuri bitcoin dengan  nilai lebih 60 juta USD.

Dikutip dari direktur acaman intelijen dan perusahan keamanan cyber fireEye yaitu tin wellsmore. Pusat penukaran bitcoin lambat dalam merespon ancaman yang di tebar peretas.


Kecurigaan peretasan ini, diduga di lakukan pleh korea utara, namun pihak korea utara pun sebelumnnya menyatakan tidak terlibat dalam serang siber internasional itu.
Previous
Next Post »