Mengenal Distro Baru Ubuntu Budgie



Asalamulaikum, bertemu lagi dengan saya. Dann welcome to blog J
Oke, kali ini saya kan membahas soal system oprasi dari distro linux, linux? Yap distro yang rentan terkena virus dan tidak ribet untuk update or upgrade ini itu di banding windows hanya menggunakan commamd console berupa bash.

Oke kali ini yang saya bahas dari distro linux yaitu, Ubuntu. Yap siapa yang tak kenal dengan os ini sama trand nya dengan kali linux, Ubuntu merupakan salah satu distribusi linux yang berbasis debian dan memiliki interface desktop di distribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Selain itu Ubuntu juga memiliki keturunan seperti Edubuntu, Kubuntu, Lubuntu, Ubuntu JeOS, Ubuntu Server, Xubuntu, dan masih banyak lagi. Tapi kali ini saya ingin mengenalkan kepada anda turunan terbaru dari Ubuntu ini yaitu UBUNTU BUDGIE.

Sebelum ke poko inti kenapa sih harus Ubuntu??
Nah Untuk pengguna windows yang barru lalu ingin migrasi ke linux meraskan system oprasi berbasis command console ini saya saran kan migrasi dulu ke Ubuntu karena jika teman teman dari windows  ke system oprasi missal ke kali linux, parot, blackarch, dan backtrack5. Mungkin sedikit membingungkan karena semua command console untuk menjalannkannya tidak ada software default dari windows di linux bahkan di tools seperti kali linux semua tools nya soal pentester dan berbau keamannan jaringan.
Menurut saya kenapa cocok migrasi dulu ke Ubuntu? Karena Ubuntu itu bebas, yang membuat Ubuntu ini bebas jadi semua peraltan yang di butuhkan oleh anda, anda bias mendapatkannya tanpa biyaya. Tak seperti di windows software nya berbayar. Dan untuk update software di Ubuntu pun sangat lah mudah hanya menggunakan commad console.

Oke sekarang kita bahas UBUNTU BUDGIE.
Satu lagi keturunan terbaru yang di akui oleh Ubuntu Technnical Board. Lahir lah nama Ubuntu budgie yang menggunakan desktop “budgie”.
Dan Ubuntu budgie ini resmi rilis di jajaran varian Ubuntu ( Ubuntu flavors ). Namun Ubuntu budige ini masih dalam pengembangan yang aktif mengikuti jadwal realise dari Ubuntu 17.04.
Namun walau masih pengembangan Ubuntu ini tetap setabil dan akan selalu di perbaiki bug yang ada di Ubuntu budige ini setiap bulan oleh developernya.

Penasaran dengan tampilannya?

Nah tampilan awal dari Ubuntu budgie, menutun kalian dalam mempersiapkan semuanya dalam pemasangan maupun pembaharuan. lalu ikut langkah yang di sediakan.






setelah selesai, kalian bisa menutup layar selamat datang pada budgie tadi. dan mulai menjelajahi desktop.





nah ini home dari tampilan ubuntu budgie tersebut lumayan cukup minimalist dan terkesan bagus walau masih pengembangan. dan budgie ini menggunakan plank ikon, dan mudah untuk di sesuaikan. aplikasi dalam menu ini bisa di modifikasi seperti ikonm theme dan posisi dock.






untuk sebelah kiri ini adalah daptar software yang ada pada ubuntu budgie. 




di bagian atas, yaitu panel budgie yang merupakn fitur utama dari desktop ini, dari panelnya memiliki 2 tab yaitu calender, di bawahnya pengaturan volume up and down pada spiker dan microphone. dan di tab ke dua notifikasi atau pemberitahuan dari keseluruhan ubuntu misal disini selesai pengeprintnan.






ada juga tiga ikon di bagian bawah yang memungkin kan anda untuk mengakses pengaturan dekstop settings dari budgie ini ( tidak keseluruhan ). dalam gambar tersebut ada style seperti widget untuk pengaturan theme. dan theme awalan ini menggunakan arc-darker. dan untuk ikon menggunakan paccilio. dan dalam desktop tersebut pengaturan seperti meyesuaikan gambar dan lain lain.






dan dari pannelnya anda bisa membuat panel baru dan kalian bisa menyesuaikannya.






dan ini pengaturan utama pada ubuntu budgie. menurut saya sendiri lumayan banyak pengaturan yang ada pada budige ini, seperti halnya pada bagian notification atau pemberitahuan. dan disini ada 2 pilihan pada notification popups dan lockscreen notification.









pada ubuntu budgie 17.10 ini juga menghadirkan terminal yang jauh lebih baik, terminal ini versi tilix, memiliki 3 sesi pada satu terminal dan tampilan yang begitu elegan dengan warna dark nya juga di tambhkan text warna warni pada terminal ini, dan berikut tampilan tersebut






itu dari tampilan ubuntu budgie.
dalam proses booting cukup cepat di bandingkan Opensuse. untuk performa desktop dari budgie ini menggunakan desktop fork GNOME 3.


pada bagian aplikasinya, sedikit ada yang bebeda pada mannagerya bukan berpormat .deb dan .rpm melainkan eopkg yang mrupakan fork dari FISI. dan menjadi point negatif padi ubuntu ini karena bluid aplikasi yang masih terbatas. tidak seperti mannager yang ber format .deb dam .rpm yang softwarenya memiliki produsen software yang baik bahkan opensorce.

solusinya jika ingin memilik softawre mannager sendiri, menggunakan software pihak ke 3.






dan ini software pihak ke 3.











dalam urusan yang terpopuler dan terbaik.
ubuntu budige ini walaupun dalam tampilan memang istimewa, ringan dan elegan, tapi masih terlalu kurang jika dinilai sebagai distro terbaik. melihat dari performa semoga bisa lebih baik lagi. apalagi budgie ini memiliki tampilan yang begitu memukau tanpa kehilangann khasnya sebagi sistem oprasi linux. dan jujur saya setelah menggunakan linux ini tidak menjumpai yang namanya bug namun sedikit kekurang pada software saja. yang menggunakan mannager eopkg.

tertarik dengan ubuntu budgie?
anda bisa menddownloadnya di situs resminya http://ubuntubudgie.org/downloads

mungkin sampai sini saja penjelasan pada ubuntu budgie, semoga bermanffat dan seeyou next time :)
Previous
Next Post »