Realase Linux Mint 18.3 Sylvia KDE Edition




 Asalamualaikum, apa kabar? semoga sehat selalu dan di berikan perlindungan oleh allah SWT. berjumpa kembali di blog sederhanana saya, disini saya selalu memberikan baik informasi, dan tutorial seputar Technologi. Kali ini saya akan membahas distro linux lagi, nah distro linux ini lumayan popular sama halnya seperti Ubuntu, Linux Mint. ya siapa yang tak kenal dengan distro ini, Linux mint, pada tanggal 15 desember lalu Linux Mint meluncurkan versi terbarunnya ya itu LINUX MINT 18.3 KDE SYlVIA, setiap update linux pasti ada perbaikan dan penambahan di distronya masing masing. Lalu apa yang baru di distro ini? Linux Mint 18.3 ini di update dan akan pembaharuan dengan jaka panjang pada tahun 2021, cukup lama untuk realease versi yang selanjutnya. Versi ini datang dengan update software, dan banyak perbaikan dalam fitur nya.


Dan Apa Yang Baru Di Linux Mint 18.3?


 • Software Mannager

 Pada bagian manager linux min yang pertama kali yang memperkenalkan perangkat lunak, dan di linux min ini tersedia beberapa software android yang bias di pakai di linux mint versi terbaru ini, baik IOS maupun Playstore.



 Software
 Terbaru Penambahan Software Terbaru di linux mint ini ternyata dari android seperti, WhatApp, Skype, Spotify, Google Earth, Steam Bahkan salahsatu game yang lumayan populerpun seperti minecraft tersedia di linux mint terbaru ini. Antarmuka lebih sederhana dan tata letak terinspirasi oleh gnome software. Dan lebih terlihat sederhana.




 Flatpaks
 Penambahan flatpaks pada linux mint ini mendukung dan memudahkan pengguna untuk mengintal paket tertentu seperti .deb dan .rpm, yang artinya aplikasi tersebut beisa berjalan secara cross platform pada distro linux. Dan berikut game yang berjalan dengan dukungan flatpaks, flatpaks juga di dukung dengan genom 3.26 untuk game.










 Backup Tools
 Pada bagian backup yools juga ada perbaikan, seperti pada mode pengguna anda tidak harus memasukan lagi katasandi, langkah langkah backup nya pun lebih mudah. Dan mengembalikan atannya lebih sederhana. Baik pemilihan backup dan konfigurasinya pun lebih sederhana.




 System Snaopshots
Timeshift, salah satu yang di dedikasikan untuk penyempurnaan linux mint, pembaharuan dengan timeshirt ini bias membackup dari system oprasi anda sendiri, dan ketika anda salah menghapus file atau poto anda bisa mengembalikannya seperti kembali.




 System Reports
 Tools yang baru di linux mint 18.3 ini adalah system report atau “ laporan system” tujuannya untuk menghasilkan ketika ada yang crash pada perangkat lunak, dan juga untuk menunjukan informasi yang relevan.




 Crash Report
 Berguna dan bertujuan bagi pengguna jika menemukan salah satu software yang memiliki bug, dan tools ini sangat berguna bagi pengguna yang awam serta ada kebingungan dalam pengoprasian.





 Informasi Report
 Selain crash report, di linux mint versi terbaru ini di sediakan juga infomasi report gunannya untuk melaporkan kerusakan baik dalam cpu, dan yang bersifat hardware, developernya juga mengembangkan software ini untuk menuliskan laporan dari pengguna yang mendapatkan keluhan dalam pengoprasian baik software maupun hardwarenya, informasi report ini juga membantu pengguna jika ada kesalahan baik dalam resolusi layar dll.






 Cinamon 3.6
Pada GNOME Cinammon 3.6 mendukung akun online. Dan ada juga perbaikan pada GNOME Cinammon 3.6 ini seperti :
• Dukungan untuk HyberSleep
• Peningkatan Lokasi di ektensi Nemo

 Windows Progress 
LibXapp sekarang ada di linux mint versi terbaru ini memungkinkan untuk lebih berkomuikasinya ke window manager atau di seur dengan “ windows progress”. Kemajuan pada Cinammon 3.6 ini adalah

• Nemo
• The backup tools
• Timeshift
• The software manager
• The driver manager
• The USB stick Formater
• The USB image wirter



 Perbaikan pada XApps 

Seperti xed, text editor, kini sekarang memiliki fitur minimap, dan minimarket Xed. Pada toolbar pembaca pun di perbaiki seperti PDF, XREADER. Tombol zoom juga di aktifkan, serta tombol reset juga di tambahkan untuk membuat Xreader konsisten dengan XApps lainnya.




 Secreen Login 

 Pada bagian ini juga di perbaiki dari sebelummnya, ada beberapa pilihan yang di tambahkan seperti login otomatis tanpa password. Dengan adannya tooltips ini pengguna tidak terlalu ribet saat masuk ke layar. Dan juga ada penambahan nunlockx yang bertujuan mengaktifkan kunci saat startup.



 Perbaikann lainnya 

 Linux mint juga sekarang memiliki fitur yang lebih baik, seperti ejaan atau Bahasa dan sinonim baik Bahasa inggris, jerman, rusia, sepanyol itali dan portugis. Pada redfisht pun di tambahkan tujuannya yaitu untuk mengatur suhu warna pada layar berdasarkan waktu, yang berguna dan efektif tidak meruksak mata anda saat berjam jam semalaman di layar.

 Pia Mannager
 Juga di tambahkan alat ini berguna untuk Koneksi VPN, dan berjalan dalam mode pngguna serta tidak memerlukan login sebagai root. Dengan menggunakan firmware linux 1.157.13 dan kernelnya 4.10.0.-38.


 Main Components 
Linux Mint 13.8 menampilkan cinnamon 3.6 dengan kernel 4.10 dan basis paket Ubuntu 16.04 13. LTS strategi Linux min 13.8 akan menerima keamannan update sampai 2021.

Tertarik untuk mencoba??
silahkan download di situs resminya disni

mungkin itu saja yang dapat saya simpulkan mengenai linux mint versi sylvia ini, semogga bermanfaat dan see you good bye :)

sampai jumpa di artikel selanjutnya, sayonnaaraaa :)
Previous
Next Post »