Cara Merubah Warna Text Terminal Linux

asalamualaikum wr.wb. berjumpa lagi di blog sederhanna saya. oke to the point aja ya..

kali ini saya akan membuat sebuah tutroial bagiamana cara merubah text warna text di terminal ubuntu. nah yang sering kebingungan cara rubah warna text terminal antara [user@home]  lihat secreenshot terminal saya itu sebelum di edit

pada tutor kali ini kita coba merubah warna antara user@home mya

oke langsung pada tutornya..

pertama masuk ke terminal
lalu ketik gedit .bashrc



setelah itu nanti kita akan di arahkan ke menu gedit, lalu kita edit sedikit scriptnya

cari script yang akan kita edit #force_color_prompt=yes
secroll sedikit kebawah nanti kita akan menemukan ($debian_chrot)

lalu ubah pada bagian yang saya warnai itu dengan code warna
black  0;30
blue    0;34
cyan   0;36
red     0;31
purple 0;35
brown 0;33
Light Gray 0;37
dark gray 1;30
light blue 1;34
light green 1;32
light cyan 1;36
light red 1;31
light purpel 1;35
yellow 1;33
white 1;37

silahkan sesuaikan warna yang anda suka, jika sudah save lalu exit. dan open kembali terminal anda apa kah sudah berubah warna text trerminal tersebut, lihat penampakan yang sudah saya edit
 
jika masih tidak berubah warna antara user@home silahkan copy script punya saya
   PS1='${debian_chroot:+($debian_chroot)}\[\033[1;33m\]\u@\[\033[1;37m\]\h\[\033[1;32m\]:\[\033[1;32m\]\w\[\033[00m\]\$ '


sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat :)
Previous
Next Post »