Hati Hati, Virus Ini Dapat Menambang Mata Uang Digital Di Smartphone



Asalamualaikum, apa kabar sobat blogger yang suka dengan informasi technologi, kali ini saya akan membawa kabar datang dari android dan crptocurrency ( mata uang digital ), ada apa dengan android dan cryptocurrency? Nah jadi pelajaran bagi sobat blogger yang sering mining atau yari receh di situs tidak jelas dengan iming iming witdraw yang lumayan  dam ke rentannya system android yang mudah terkena virus.

Okeh seperti apa ?
Akhir akhir ini di temukan kembali salah satu virus malware yang melakukan serangan aktivitas berbahaya,  seperti menampilkan iklan tanpa sepengetahuan pengguna. Malware ini juga mampu mengendalikan smartphone dam menggunakannya untuk menambang cryptocurrency atau mata uang digital seperti bitcoin.
Kemampuan virus ini sangat parah, mampu menambang cryptocurrency berpontensi merusak secara fisik jika sudah terkena serangan virus malware ini.
Dilansir Ars Technica Bahwa malware ini Berna aTrojan.AdnroidOS.Loapi, malware ini tersembunyi di dalam aplikasi yang di distribusikan ke took aplikasi pihak ke 3, iklan di browser, dan SMS yang berisi spam
Salah satu peneliti di Kaspersky Lab, malware yang di juluki “ Jack Of All Trades” patut di waspadai oleh para pengguna android karena kemampuan nya yang begitu beragam.

Salah satu kemampuan yang paling menonjol yaitu, aplikasi loapi ini berisikan modul yang mampu menambang coin monero, yang tidak popular atau kurang di kenal seperti layaknya coin coin crptocurrency yang lain.

Dengan modul ini si pembuat malware ini dapat menghasilkan koin baru dengan meyedot listrik dan memaksa kinerja hardware pada smartphone yang sudah terinfeksi.
Dalam uji coba yang di lakukan peneliti Kaspersky Lab, jika batrai yang sudah terinfeksi virus malware loapi ini batari smartphone akan membengkak.

Seperti yang sudah sobat blogger ketahui, beberapa bulan ini telah terjadi lonjakan harga pada mata uang digital ini harga bitcoin sekarang pun sudah hamper 200jt, naka tidak di pungkiri bahwa malware ini di desain untuk menambang coin yang akan menguras CPU dan Listrik serta menjalankan code penambangan mata uang digital pada smartphone.

Dibeberapa kasus yang sudah terjadi saat ini pengguna baru merasa telah di “ manfaatkan “ oleh sebuah aplikasi maupun laman web untuk menambang saat aplikasi mylai lemot dan menyedot daya yang lebih besar pada smartphone yang terkena virus malware loapi ini.
Adapun beberapa cara malware ini masuk ke pengguna android dengan cara mengirimkan kerentanan permintaan kepada pengguna untuk akses administrator, dari sini virus ini berkerja dan mempersulit korban untuk menginstal aplikasi keamanan untuk membersihkan ponsel dari malware.

Malware ini juga dapat berlangganan telephone ke layanan premium dan sembunyi sembunyi nengirimlan kode konfirmasi melalui SMS. Ini juga salah satu aktifitas para peretas sebagai kaki tangannya dalam melancarakan serangan ddos.

Namun sampai saat ini, malware loapi ini belum ada idikasi sangkut paut dengan playstore, “satu satunya yang kurang dari kemampuan malware ini adalah kemampuan memata matai pengguna smartphone” tulis tim peneliti Kaspersky Lab.

Nah untuk sobat belogger agar berhati hati dalam menambang baik di website yang bersipat minning free ataupun tidak, karena tidak dapat di pungkiri slah satu tipu daya peretas yaitu meng iming iming para pengguna awam pencari mata uang digital dengan salah satu website yang bersipat jebakan atau phising.
Mungkin itu yang bisa saya bahas soal malware ini, so berhati hati untuk berselancar di dunia maya J karena tidak ada yang aman dan tidak ada keamanan dalam technologi J

Sampai jumpa, di artikel selanjutnya .
Previous
Next Post »